Gejala Kecanduan Game Pada Anak

Gejala Kecanduan Game Pada Anak. Game dan anak di masa sekarang ini sudah tidak dapat dipisahkan. Saat ini banyak anak-anak yang menjadi kecanduan pada permainan game online. Seringkali ini terjadi akibat dari orang tuanya sendiri yang memberikan gadget pada anak-anaknya dengan alasan agar tenang. Namun ternyata kondisi tersebut memberikan dampak kecanduan yang berpengaruh pada dampak lainnya. Simak di situs slot terbaik dapatkan permainan game online seru disini.

Game online yang ada saat ini semakin banyak dengan fitur-fitur mengasyikkan. Apalagi jika game online tersebut dapat dimainkan bersama-sama dengan pemain lain melalui permainannya. Begitu juga pada game online yang memberikan tantangan kenaikan level. Semua keasyikan permainan game tersebut dapat berdampak pada kecanduan. Orang tua harus waspada jika anak telah memberikan gejala kecanduan game.

Anak-anak yang sudah kecanduan game dan menampakkan gejalanya harus segera diatasi. Jika tidak segera bertindak maka dampaknya dapat berakibat fatal. Berikut ini gejala dari kecanduan game pada anak-anak yang harus diwaspadai oleh orang tua.

Menarik Diri

Secara normal, anak-anak lebih menyukai permainan fisik seperti berlari-lari atau melompat-lompat. Di masa anak-anak ini merupakan waktu yang tepat untuk belajar bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya. Namun seorang anak yang mengalami kecanduan akan lebih suka bermain dengan gadgetnya dan tidak menarik diri dari pergaulannya. Kondisi ini harus diwaspadai sebagai gejala kecanduan.

Mengabaikan Kebutuhan Pokok

Kebutuhan pokok seorang anak adalah makan, mandi dan tidur. Namun bagi anak yang memiliki gejala kecanduan game online akan mengabaikan kebutuhan tersebut karena asyik dengan permainannya. Jika kebutuhan pokok ini diabaikan maka dapat berdampak pada kesehatannya. Oleh karena itu jika kondisi ini terjadi sebaiknya orang tua segera mengambil tindakan tegas.

Masalah di Sekolah

Anak yang kecanduan game online akan malas belajar. Belum lagi tugas-tugas sekolahnya menjadi terbengkalai. Tentu saja kondisi ini mengganggu pelajarannya dan ujung-ujungnya mempengaruhi nilai. Orang tua harus segera bertindak agar tidak kebablasan sehingga mengakibatkan anak menjadi tinggal kelas.

Sebagai orang tua harus mewaspadai jika anak telah mengalami gejala kecanduan game online. Jangan sampai menjadi kebablasan dan berdampak lebih lanjut terutama pada otak dan kesehatannya.